Paroki Roh Kudus

Paroki Roh Kudus

Penundaaan Normal Baru Paroki Roh Kudus Surabaya

Home / DPH Artikel / Penundaaan Normal Baru Paroki Roh Kudus Surabaya
Paroki Roh Kudus

Penundaaan Normal Baru Paroki Roh Kudus Surabaya

No : 04/068/DPP-RK/VI/2020
Perihal : Normal Baru RK

 

Kepada :
Ytk. Umat Paroki Roh Kudus
Di tempat

Salam Damai Sejahtera dan Salam Sehat bagi kita semua,

Dengan Hormat,
Berdasarkan surat edaran Keuskupan Surabaya 14 Juni 2020 dalam kaitannya untuk pembukaan gereja, misa bersama umat pada masa “New Normal” dan arahan Keuskupan Surabaya untuk mempersiapkan dengan baik rencana pembukaan gereja secara bertahap, dengan memperhatikan situasi dan kondisi masing-masing paroki. Maka kami sampaikan informasi tentang penundaan pembukaan Gereja Paroki Roh Kudus untuk misa bersama umat.

Seperti diketahui Paroki Roh Kudus Surabaya, umat berada pada Kecamatan Gunung Anyar dan Kecamatan Rungkut, di mana penyebaran virus covid-19 masih berada pada zona merah. Namun demikian persiapan New Normal terus diupayakan oleh DPPH dan BGKP.

  • Pada 19 Juni 2020, Bidang Sumber menyampaikan beberapa persiapan liturgi di gereja dengan memperhatikan protokol kesehatan yang menyangkut petugas liturgi, tempat duduk di gereja, dan gambaran umum persiapan dalam gereja. Sedang BGKP menangani sarana prasarana untuk mendukung terlaksananya tatanan baru.
  • Pada 24 Juni 2020, presentasi teknik pendaftaran umat yang mau ikut misa secara offline dan online (luring dan daring).
  • Rencana 1 Juli 2020, penentuan cara pendaftaran ikut misa, presentasi BGKP sarana prasarana pendukung tatanan baru. Diinformasikan kepada pengurus inti Lingkungan untuk selalu update data ke Paroki, karena umat yang pasti ikut misa (jika sudah zona hijau dan siap) diprioritaskan yang sudah terdaftar dalam database umat Paroki Roh Kudus (punya nomor KKID).
  • Komsos Paroki akan terus menginformasikan persiapan tatanan baru sampai ditemukan kebijakan yang sesuai dengan Paroki Roh Kudus, dibutuh satu bulan persiapan dan satu bulan lagi untuk mencoba dan sosialisasi.
    Oleh karena itu, setelah melakukan beberapa tahapan persiapan baik sebelum dan sesudah terbit Ketentuan Pastoral Keuskupan yang ke VI serta konsultasi dengan beberapa pihak, dan mengamati perkembangan penyebaran covid-19 di Kota Surabaya dan di dua Kecamatan sekitar Paroki Roh Kudus, maka diputuskan bahwa pada tanggal 1 Juli dan 11 Juli 2020, Paroki Roh Kudus belum membuka misa untuk umat sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. Keputusan ini diambil dengan memperhatikan kehati-hatian, keamanan bersama, dan persiapan yang matang. Dengan adanya keputusan ini, maka pelaksanaan misa live streaming masih terus akan dilaksanakan (misa harian pkl. 6:00 WIB dan misa minggu pkl 8:00 WIB disiarkan Komsos ErKa).

Demikian informasi penundaan pembukaan misa bersama umat. Mari kita terus berdoa bersama keluarga, disiplin dalam menjaga kesehatan dan melaksanakan anjuran pemerintah. Atas perhatian dan kerjasama seluruh umat Paroki Gereja Roh Kudus, disampaikan limpah terima kasih.

 

Surabaya, 26 Juni 2020
Hormat Kami

Lucia Novi Astuti
Sekretaris I DPP

 

Mengetahui,

Rm. Dominikus Beda Udjan, SVD
Pastor Kepala Paroki ex officio
Ketua Umum Dewan Pastoral Paroki Roh Kudus

 

File Asli Surat :

https://drive.google.com/file/d/1D0bIzrWEf4aIILY-BCixdwE-rbzfZSW1/view?usp=sharing